Jumat, 13 April 2012

Menjadi seorang yang sukses


          MENJADI SEORANG YANG SUKSES


            Untuk menjadi sukses, seseorang harus memiliki tiga  karakteristik utama. Selain itu, orang yang sukses juga sangat dipengaruhi tiga hal yang terjadi pada dirinya. 
Apa itu? 
            Topik ini diambil dari sebuah buku yang berjudul 'The New Alchemist' karangan Charles Handy, seorang pengamat dan guru ekonomi yang berada di Inggris. 
             Beliau melakukan survei terhadap sekian ratus orang sukses di Inggris dan mencari karakteristik yang sama yang dimiliki pribadi-pribadi sukses itu. Dari hasil survei tersebut
             Pertama, orang sukses selalu mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap apa yang ia jalankan. Dedikasi itu bisa berupa komitmen, kecintaan, atau ambisi utuk melaksanakan pekerjaan dengan baik.
  
            Kedua, determinasi. Kemauan untuk mencapai tujuan, bekerja keras, berkeyakinan, pantang menyerah dan kemauan untuk mencapai tujuan yang diingikannya. 

 
            Ketiga adalah berbeda dengan orang lain. Karakteristik ketiga ini sangat enarik. Ternyata orang-orang sukses memakai jalan, cara atau sistem bekerja  yang berbeda dengan orang lain pada umumnya.
 
            Setelah dilakukan survei yang lebih mendalam, beliau menemukan juga tiga hal pokok yang mempengaruhi orang menjadi sukses. 
             Pertama, di masa kecil seseorang mengalami suatu kejadian atau melihat sesuatu yang luar biasa sehingga memberikan inspirasi tinggi kepadanya untuk menjadi sukses. Selain itu, kemiskinan di masa kecil juga turut memberikan inspirasi kepada seseorang untuk meraih sukses.
          Kedua, pendidikan. Proses pendidikan terjadi di dalam dan di luar sekolah. pendidikan dapat berupa pengalaman bekerja dengan orang yang sukses, menemui guru atau dosen yang memberikan inspirasi serta menemui pakar atau mentor yang baik. Hal-hal tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya seseorang di masa yang akan datang.
 
            Ketiga adalah peristiwa atau orang penting lain yang kritikal dalam perjalanan hidup seseorang. Pertemuan dengan seseorang yang sangat pandai dan cerdas, sangat baik serta sukses di dunia bisnis bisa jadi memberikan inspirasi pada seseorang untuk mencapai sukses.
 
Apakah anda termasuk mempunyai karakter pribadi orang sukses yaitu, punya dedikasi, determinasi dan berbeda dengan orang lain? 
Note :
INGAT Massoud Yang perlu diingat adalah kalau kita hanya menjadi "orang biasa", maka kita tidak akan cepat meraih sukses. kita harus berani membuat perbedaan dengan orang lain.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More